Serba Serbi Mitos ASI dan Bayi yang Harus Diketahui

Serba Serbi Mitos ASI dan Bayi yang Harus Diketahui

Last update: 19-Mar-2021

ASI jadi makanan yang sangat penting bagi bayi, terutama dalam periode emas pertumbuhannya. Tidak heran kalau hampir semua ibu selalu mengusahakan pemberian ASI kepada anak-anaknya, minimal hingga usia 6 bulan. Sayangnya banyak ditemukan mitos ASI yang bisa merugikan. 

Mitos-mitos yang berkembang bisa membuat ibu membuat keputusan yang salah soal pemberian asi kepada bayinya. Jadi, kamu wajib tahu mitos dan fakta seputar ASI agar bisa menghindarinya. Yuk pelajari beberapa mitos dan fakta di bawah ini!

 

Jika Payudara Kecil Maka Produksi ASI Sedikit


Ini adalah mitos ASI pertama yang tidak perlu kamu ambil pusing. Ukuran payudara sama sekali tidak berpengaruh dengan jumlah ASI yang diproduksi. Jika ingin ASI melimpah, si ibu harus rajin menstimulasi bagian payudara. 

Ukuran payudara juga tidak berpengaruh pada kualitas ASI yang dikeluarkan. Semuanya kembali lagi pada asupan yang dikonsumsi si ibu selama masa menyusui. 

 

ASI yang berwarna kekuningan harus Dibuang 


Mitos ASI yang satu ini sama sekali tidak untuk dipercaya. Dalam beberapa kondisi tertentu ASI memang akan tampak berwarna kuning dengan tekstur yang lebih kental dari biasanya. Tapi itu sama sekali bukan pertanda kalau ASInya basi, ya, TSM Lovers.

ASI kental yang tampak berwarna kuning biasa disebut kolostrum. Ibu dan bayi akan sangat rugi loh kalau sampai kolostrum ini terbuang. Pasalnya kolostrum mengandung antibodi dan imunoglobin yang baik untuk pembentukan sistem kekebalan tubuh si kecil. 

 

Jika Ibu Makan Pedas Maka ASI Juga Akan Terasa Pedas 


Memang benar bahwa apa yang dikonsumsi ibu kemungkinan akan mempengaruhi rasa ASI. Namun semua rasa tersebut hanya akan terasa dengan samar, atau dengan kata lain mengkonsumsi makanan pedas tidak lantas membuat ASI sepedas makanan ibu. 

Mitos payudara ini perlu diluruskan dengan pemahaman bahwa cabai sebagai sumber rasa pedas mengandung capsaicin. Senyawa itu dapat menyebabkan diare pada beberapa bayi yang sensitif.

 

Jika Ibu Meminum Es maka si Kecil Akan Terkena Flu 


Meminum es tidak lantas membuat ASI jadi dingin, loh. Jadi mitos ASI yang satu ini tidak perlu kamu percaya, ya, TSM Lovers. 

Flu sendiri terjadi karena virus influenza. Untuk meminimalisir kemungkinan si kecil terkena flu, pastikan ibu mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kandungan antibody di dalam ASInya bagus. Meminum es boleh-boleh saja tapi pastikan kebersihannya terjaga. 

 

Menyusui Secara Langsung Pada Malam Hari Sangat Penting


Nah, kalau yang satu ini bukan mitos ASI. Proses direct breastfeeding atau menyusui secara langsung di malam hari memang sangat penting bagi bayi dan juga ibunya. Pada malam hari otak memproduksi hormon prolaktin. Hormon tersebut sangat penting untuk memastikan kelancaran produksi ASI. 


Sangat penting untuk memastikan ibu dan bayi merasa nyaman selama proses menyusui. Temukan berbagai produk pendukung untuk aktivitas ibu dan bayi hanya di Mothercare Trans Studio Mall Makassar.

Back
About Us   |   Contact Us   |   Event   |   Deals   |   TSM Loyalty   |   What's New   |   Shop   |   Experience   |   Privacy Policy   |   Terms & Conditions
Copyright © 2018. Trans Studio Mall. All rights reserved.